Anies Baswedan : HP dan Komputer Kita Menghadapi Tantangan Hacking

Anies Baswedan : HP dan Komputer Kita Menghadapi Tantangan Hacking. 3 Cara Anies Hadapi Tantangan Siber
Digify
Info Komputer - Calon presiden nomor urut 01 Anies Baswedan menyampaikan gagasannya saat debat debat ketiga Pilpres 2024 di Istora Senayan, Kompleks GBK, Jakarta Pusat, Minggu (7/1/2024).

Capres Anies Baswedan mengatakan bahwa ancaman siber merupakan sebuah ancaman baru yang makin nyata dirasakan oleh rakyat Indonesia saat ini. Bahkan menyampaikan cara hadapi tantangan hacking

HP dan Komputer Kita Menghadapi Tantangan Hacking

Anies Baswedan : HP dan Komputer Kita Menghadapi Tantangan Hacking. 3 Cara Anies Hadapi Tantangan Siber

Hal tersebut disampaikan dalam debat ketiga Pilpres 2024 di Istora Senayan, Minggu (7/1). Sebelumnya panelis memberikan pertanyaan mengenai kebijakan paslon untuk mendapatkan akses teknologi dan pengembangannya untuk memperkuat pertahanan Indonesia.
"Ini [ancaman hacker] adalah salah satu ancaman non-tradisional yang makin hari makin nyata dirasakan di Indonesia. Kita merasakan keluarga-keluarga kita, HP, komputer menghadapi tantangan hacking," kata Anies.

“Dalam beberapa tahun terakhir ini lebih dari 160 ribu orang meninggal bukan karena serangan militer, tapi karena serangan virus. HP kita, komputer kita diserang oleh cyber attack. Lebih dri 800 juta cyber attack," imbuhnya.

Ironisnya lagi, kata Anies, Kementerian Pertahanan bahkan juga terkena serangan siber. Ia mengatakan, institusi tersebut dibobol oleh peretas pada 2023.
"Sebanyak Rp 700 triliun tidak bisa mempertahankan itu (keamanan siber). Sebuah ironi. Karena itu, kita ingin mengembalikan (keamanan siber)," tutupnya.

3 Cara Anies Hadapi Tantangan Siber

Oleh karena itu, ia merasa perlu membangun satu struktur pertahanan siber yang serius, tak cukup dengan memberikan tugas pada sekelompok orang. 

Menurut Anies, ada 3 cara yang bisa dilakukan. 
  • Yang pertama, dengan membangun satu sistem yang komprehensif, perencanaan yang komprehensif, yang melibatkan seluruh lembaga termasuk komponen masyarakat.
  • "Yang kedua adalah pengadaan teknologi-teknologi terbaru tapi kuncinya bukan semata-mata pada teknologinya, kuncinya adalah pelibatan semua secara semesta," jelas Anies.
  • Lalu yang ketiga adalah mekanisme untuk merespons balik apabila terjadi serangan siber, sehingga bisa memiliki kecepatan untuk recovery atau pemulihan.
"Jadi menyusun ini satu adalah melibatkan secara komprehensif, kedua menggunakan teknologi terbaru, ketiga sistem recovery yang cepat," pungkasnya.
Oops!
It seems there is something wrong with your internet connection. Please connect to the internet and start browsing again.
AdBlock Detected!
We have detected that you are using adblocking plugin in your browser.
The revenue we earn by the advertisements is used to manage this website, we request you to whitelist our website in your adblocking plugin.
Site is Blocked
Sorry! This site is not available in your country.